Cara ADI dorong dosen Indonesia jadi pengajar zaman now
perm_identity Muhammad Ainur Rony query_builder May 11, 2018

Merdeka.com - Ketua DPF ADI bidang IT, Dr. Wendi Usino mengatakan kondisi dosen Indonesia saat ini sendiri masih didominasi oleh generasi baby boomers dan generasi X yang merupakan digital imigran. Sementara mahasiswa yang dihadapi merupakan generasi milenial atau digital native.

"Pada era ini, Dosen memiliki tuntutan lebih, baik dalam kompetensi maupun kemampuan untuk melakukan kolaborasi riset dengan profesor kelas dunia," ungkapnya dalam Konferensi Pers, di JCC, Jakarta, Senin (7/5).

Menurutnya, pameran World Post Graduate Expo 2018 ini juga bakal menjadi ajang diskusi dan sharing knowledge antara dosen-dosen Indonesia dengan dosen dari berbagai universitas dari luar negeri terkait proses pengajaran di era generasi milenial seperti sekarang.

Diharapkan, pameran ini menjadi kesempatan bagi para dosen untuk meningkatkan kompetensi menjadi lebih besar. Baik dengan menempuh tingkat pendidikan yang lebih tinggi maupun mendapatkan cara baru dalam memfasilitasi proses belajar mahasiswa.

"Oleh karena itu dosen harus mengembangkan karir akademik sampai ke jenjang S3 dan mampu mengembangkan konten pembelajaran mengikuti perkembangan zaman," tandasnya.

MSW global bekerja sama dengan Kemenristek Dikti kembali mengadakan pameran pendidikan bertajuk World Post Graduate Expo 2018 (WPG). Pameran pendidikan yang dikhususkan untuk jenjang S2 maupun S3 ini menjembatani mahasiswa dengan berbagai universitas baik lokal maupun mancanegara.

Ketua DPF ADI bidang pengembangan lnovasi industri dan pembelajaran, Prof. Dr. Djoko Wintoro, MBA mengatakan pada acara WPG kali ini, ADI akan melakukan rangkaian kegiatan, seperti 'International Education High Meeting' dengan memberikan kesempatan kepada Pimpinan Perguruan Tinggi Indonesia untuk berdiskusi langsung dengan Perwakilan Pimpinan Perguruan Tinggi asing dan kedutaan besar, lembaga pendidikan resmi dari berbagai negara untuk membahas program-program kerja sama antar universitas. [azz]