World Post Graduate Expo, Puncak Semarak Hardiknas Kemenristekdikti
perm_identity Hanif R. Istifarulah query_builder May 18, 2018
masih dalam semangat hardiknas 2018 direktorat jenderal sumber daya iptek dikti kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi bersama msw global menyelenggarakan world post graduate (wpg) expo, sabtu – minggu (12-13/5/2018) di jakarta convention center (jcc), jakarta.
direktur jenderal sdid, ali ghufron mukti pernah mengatakan indonesia masih membutuhkan doktor. apalagi dunia tengah menghadapi revolusi industri 4.0. maka wpg hadir untuk membangkitkan semangat para sarjana muda dalam menempuh studi doktor.
tak hanya itu, lanjutnya, menguatkan jiwa kepemimpinan dan rasa cinta tanah air, memperluas jajaring antar penerima beasiswa, serta menumbuhkan rasa bangga terhadap profesi sebagai ilmuwan di masa depan sangat lah perlu.
dirjen ghufron mengatakan wpg kedua ini diikuti oleh 52 institusi pendidikan dari berbagai negara. di tahun lalu pameran pendidikan ini mendapat sambutan positif dari pelajar dan masyarakat umum yang ingin mencari informasi pendidikan dari seluruh dunia secara informative.
“world post graduate expo tahun ini menampilkan 52 institusi yang berasal dari; belanda, cina, jerman, indonesia, irlandia, malaysia, singapura, spanyol, taiwan, inggris, swedia, amerika serikat, eropa, dan prancis. selain itu, banyak program magister (s2), doktoral (s3), dan program lainnya yang ditawarkan selama acara pameran berlangsung,” ujar dirjen ghufron, sabtu (12/5/2018).
pameran pendidikan s2 dan s3 ini menjadi acara penghujung rangkaian peringatan hardiknas kemenristekdikti. peringatan hardiknas kemenristekdikti tahun ini terbilang yang cukup panjang. secara pribadi dan lembaga, dirjen ghufron menyampaikan rasa terimakasihnya pada semua pihak yang telah andil untuk mensukseskannya.
dimulai dari unpad sebagai tuan rumah pelaksanaan upacara peringatan hardiknas kemenristekdikti dan sarasehan citarum harum. itb sebagai tuan rumah pameran dan bincang akademik pendidikan seni. serta kepasa kopertis wilayah iv yang telah mendukung penuh penyelenggaraan side event hardiknas di bandung.
“secara pribadi dan mewakili kemenristekdikti, saya ucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan yang telah saudara berikan, sehingga peringatan hardiknas kemenristekdikti dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.
tak lupa, lanjut dirjen ghufron, mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara world post gradauate expo yang turut mendukung kemeriahan peringatan hardiknas kemenristekdikti tahun ini.
“acara hari ini merupakan salah satu wujud kolaborasi di mana sektor privat turut berkontribusi memberikan informasi kepada masyarakat luas terkait pendidikan tinggi,” ujarnya yang menjabat sebagai plt. rektor universitas trisakti itu.
pada kesempatan ini juga, salah satu diaspora indonesia akan turut berpartisipasi dalam acara seminar di wpg. yakni bagus mulyadi, associate profesor dari notingham university yang akan memberikan motivasi dan berbagi pengalaman menjadi ilmuwan kelas dunia.
di samping itu, salah satu lulusan program pendidikan magister menuju doktor untuk sarjana unggul (pmdsu) juga akan berpartisipasi dalam acara seminar untuk berbagi pengalaman selama mendapatkan beasiswa. grandprix, doktor termuda indonesia yang dibina oleh itb telah memiliki 9 jurnal internasional bereputasi dalam tempo semasa program, 4 tahun. capaian tersebut belum tentu diraih oleh para karyasiswa yang bersekolah di luar negeri.
pmdsu merupakan terobosan untuk menghasilkan calon dosen unggul berkualifikasi doktor. sasaran program ini adalah generasi muda, sehingga begitu mereka lulus s1 dengan nilai yang bagus, dapat mengikuti program selama empat tahun dan lulus menjadi doktor.
“tahun ini, kami akan membuka program pmdsu batch iv. saya berharap acara hari ini menjadi kesempatan yang baik bagi para mahasiswa untuk mencari informasi lengkap terkait beasiswa ini,” kata dirjen ghufron.
sedangkan bagi dosen, ditjen sdid juga memiliki sejumlah program untuk meningkatkan kualifikasi, seperti yang baru dibuka adalah beasiswa afirmasi bagi dosen di perguruan tinggi negeri baru (ptnb). kemudian juga memiliki beasiswa unggulan dosen indonesia (budi) yang bekerja sama dengan lembaga pengelola dana pendidikan (lpdp), beasiswa pendidikan pascasarjana dalam negeri dan luar negeri (ppbdn/bppln), dan masih banyak lagi.
“untuk informasi lebih lanjutnya, silahkan bapak ibu sekalian mengunjungi stand kami dalam pameran ini,” ajak dirjen ghufron. (alawi)